PRAKTEK KERJA LAPANG MAHASISWA ILMU DAN TEKNOLOGI KELAUTAN INSTITUT PERTANIAN BOGOR

Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Klidang Lor menerima delapan orang mahasiswa jurusan Ilmu dan teknologi Kelautan (ITK), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut (FPIK), Pertanian Bogor (IPB) untuk melakukan kegiatan Praktek Kerja Lapang (PKL). Kedelapan mahasiswa tersebut melakukan kegiatan PKL selama satu bulan, di mulai tanggal 2- 31 Juli 2012. Nama-nama mahasiswa tersebut yaitu :
1. Ade Ayu mustika                    (C54080011)
2. Nabil                                       (C54090009)
3. Irwan Rudy pamungkas          (C54090017)
4. Mhd. Idris                               (C54090028)
5. Luthfy Nizarul Fikry               (C54090032)
6. Titan Budi Setiawan                (C54090033)
7. Eka Maya urniasih                   (C54090040)
8. Mahardika Rizqi Himawan     (C54090042)

Kedelapan mahasiswa tersebut datang dengan tujuan untuk mengenal, mempelajari, memahami berbagai bentuk interaksi dan kondisi masyarakat yang ada di PPP Klidang Lor. Selain itu para mahasiswa ini juga memiliki tujuan masing-masing sesuai dengan judul kegiatan mereka diantaranya mempelajari infrastruktur fasilitas pelabuhan, pemetaan wilayah pelabuhan, komoditas hasil tangkap, usaha pengolahan, vegetasi mangrove, sistem informasi pelayanan, kondisi geografis (abrasi pantai) dan Oseanografi (pasang surut).
Pemberian pengarahan dari PPP Klidang Lor (Edy Purwanto) ke Mahasiswa
Demi lancarnya kegiatan PKL ini, para mahasiswa berkoordinasi dengan bapak Japar Lumban Gaol, selaku kepala PPP Klidang Lor. Kegiatan PKL Mahasiswa di isi dengan pengenalan, pemauran, dan pembelajaran dengan masyarakat perikanan dan kelautan yang ada di PPP Klidang Lor, meliputi: Kantor PPP Klidang Lor, Kantor P2SDKP, TPI 1, TPI 2, TPI 3, Syahbandar, nelayan dan usaha pengolahan ikan. Setiap mahasiswa diberikan waktu 3 hari untuk setiap tempat agar supaya lebih mengenal masyarakat perikanan di sekitar PPP Klidang Lor.

Foto bersama Mahasiswa, Dosen, dan Pegawai PPP Klidang Lor
Disamping itu para mahasiswa juga diajak untuk ikut dalam kegiatan "Pelatihan Diversifikasi  Usaha Nelayan" yang diadakan pada tanggal 10-12 Juli 2012, serta kegiatan Inspeksi mendadak ke tempat-tempat pengolahan ikan di sekitar PPP Klidang lor mengenai penggunaan bahan kimia berbahaya untuk proses pengolahan ikan. Selain dua kegiatan tersebut mahasiswa juga melakukan kegiatan wawancara nelayan, dan masyarakat sekitar sesuai dengan judul  masing-masing mahasiswa.
Kegiatan Inspeksi mendadak ke tempat pengolahan ikan di PPP Klidang Lor